Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi – Jambi menawarkan berbagai destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi. Salah satu destinasi ikonik adalah Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy. Jembatan ini tidak hanya berfungsi sebagai penghubung, tetapi juga sebagai tempat wisata yang menawarkan pemandangan indah, terutama saat matahari terbenam. Menara Gentala Arasy, yang berada di ujung jembatan, merupakan menara jam setinggi 80 meter yang menjadi simbol kota Jambi.

Tak kalah menarik adalah Candi Muaro Jambi, kompleks candi terbesar di Indonesia yang merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Berlokasi sekitar 26 km dari pusat kota Jambi, situs ini menawarkan wawasan mendalam mengenai sejarah dan budaya Nusantara. Candi ini dikelilingi oleh hutan yang asri, memberikan pengalaman wisata sejarah yang berpadu dengan keindahan alam.

Bagi pecinta alam, Air Terjun Tegan Kiri merupakan destinasi yang tidak boleh dilewatkan. Terletak di Desa Tegan, air terjun ini menawarkan keindahan alam yang masih alami. Suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian serta udara yang sejuk membuat tempat ini cocok untuk melepas penat dari hiruk-pikuk kota.

Geopark Merangin adalah tempat lain yang patut dikunjungi. Terletak di Kabupaten Merangin, geopark ini terkenal dengan fosil-fosil berusia jutaan tahun yang tersebar di sepanjang Sungai Batang Merangin. Selain fosil, pengunjung juga dapat menikmati panorama alam yang indah serta berbagai aktivitas petualangan seperti arung jeram.

Perkebunan Teh – Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi

Jambi juga memiliki perkebunan teh yang indah di Kayu Aro, Kerinci. Perkebunan Teh Kayu Aro adalah salah satu yang tertua di Indonesia, didirikan oleh Belanda pada tahun 1925. Berada di kaki Gunung Kerinci, kebun teh ini menawarkan pemandangan hijau yang memanjakan mata. Pengunjung dapat berkeliling kebun, melihat proses pembuatan teh, dan menikmati teh segar langsung dari perkebunan.

Danau Gunung Tujuh adalah danau tertinggi di Asia Tenggara yang terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Dengan ketinggian sekitar 1.950 meter di atas permukaan laut, danau ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dengan latar belakang pegunungan. Aktivitas seperti trekking dan berkemah sangat populer di sini, memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para petualang.

Tak jauh dari Danau Gunung Tujuh, terdapat Danau Kaco yang terkenal dengan kejernihan airnya. Danau ini terletak di Desa Lempur, Kerinci, dan hanya bisa dicapai dengan trekking melalui hutan. Air di Danau Kaco begitu jernih sehingga dasar danau dapat terlihat dengan jelas meskipun dari kedalaman beberapa meter. Keindahan danau ini terutama terlihat pada malam hari, di mana airnya memantulkan cahaya bulan dan bintang, menciptakan pemandangan yang magis.

Dengan keanekaragaman tempat wisata yang ditawarkan, Jambi merupakan destinasi yang sangat cocok bagi para wisatawan yang mencari kombinasi antara keindahan alam, kekayaan sejarah, dan petualangan. Setiap sudut Jambi menyimpan pesona tersendiri yang siap memanjakan para pengunjungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *